Mission Indonesia

Pesona Berkah Ramadhan di PTRI Jenewa

September 08, 2010 Posted under  

 

“PTRI Jenewa akan senantiasa mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan kemasyarakatan baik yang bersifat keagamaan, kesenian, olahraga dan sebagainya”, demikian diungkapkan oleh Duta Besar / Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Dian Triansyah Djani dalam rangka menyambut dan mengisi bulan suci Ramadhan.

Dalam bulan suci yang penuh dengan berkah dan ampunan ini, PTRI Jenewa melaksanakan acara “Ramadhan di PTRI” yang diisi berbagai kegiatan yang bermakna bagi peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan. “Ramadhan di PTRI” terdiri dari serangkaian kegiatan yang mencakup Ibadah Tarwih secara berjamaah, Pengajian Dharma Wanita; Pengajian Anak- Anak, Buka Puasa Bersama dengan seluruh warga masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya, Ceramah Ramadhan, Pelatihan Zakat, Peringatan Nuzulul Qur’ an dan I’tikaf.  

Rangkaian kegiatan “Ramadhan di PTRI” sendiri dipandu oleh Ustadz Saiful Bahri dari Kairo, Mesir dan difasilitasi PTRI dan Kelompok Pengajian Islam (KPI) di Jenewa. “Ramadhan di PTRI” mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat Islam di Jenewa, wakil  Perutap asing, staf berbagai organisasi internasional di Jenewa dan warga Islam setempat, yang tercermin dari keikutsertaan yang aktif di berbagai kegiatan. Selama Ramadhan, KPI juga memfasilitasi pengumpulan zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk disampaikan kepada yang berhak di tanah air.          

 “Ramadhan di PTRI” juga dimaksudkan mengisi bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan dan memperdalam pemahaman mengenai Islam, meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan, serta mempererat tali silaturahmi antara PTRI Jenewa dengan seluruh lapisan masyarakat di Jenewa. “Tidak kalah penting adalah bagaimana melakukan syiar Islam dan menampilkan wajah Islam yang kontekstual dan menjadikan Islam sebagai agama yang Rahmatan Lil a’lamin”. Demikian ditegaskan oleh Duta Besar Dian Triansyah Djani dalam berbagai pertemuan dengan warga Indonesia selama mengikuti kegiatan Ramadhan.           

Peningkatan keimanan dan tali silaturahmi yang erat antar lapisan masyarakat diharapkan dapat memperkuat sinergi dan meningkatkan etos kerja dalam mendukung pelaksanaan tugas diplomasi Indonesia  di  Jenewa.

 

Jenewa, 8 September 2010