Mission Indonesia

Masyarakat Indonesia di Jenewa Meriahkan HUT-RI ke-66

August 18, 2011 Posted under  

 

“Perayaan Proklamasi dan Hari Ulang Tahun RI yang ke-66 kali ini yang dipusatkan di PTRI Jenewa berlangsung khidmat, meriah dan sangat menggugah rasa kebangsaan dan nasionalisme, terbukti dengan tingginya partisipasi masyarakat Indonesia yang tinggal di Jenewa dan sekitarnya”. Demikian dikatakan Duta Besar / Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa seusai memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-66 bertempat di halaman kantor Perutusan Tetap RI di Jenewa.

Dalam upacara yang berlangsung secara khidmat, Duta Besar Djani selaku Pembina Upacara menyampaikan ajakan bagi seluruh unsur masyarakat Indonesia untuk meningkatkan rasa syukur atas kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia sekaligus memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut sekaligus mempertahankan kemerdekaan. Dubes Djani juga mengharapkan agar seluruh lapisan masyarakat yang tengah bertugas dan tinggal di Jenewa untuk melakukan refleksi diri dengan bercermin pada sejarah guna menatap masa depan Indonesia yang lebih cerah, yaitu Indonesia yang bersatu, adil, makmur dan sejahtera.

Peringatan Kemerdekaan kali ini mengusung tema: ”Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN”.

Tema tersebut menggambarkan betapa pentingnya ASEAN bagi Indonesia dan Indonesia bagi ASEAN. Sebagai Ketua ASEAN Geneva Committee, PTRI Jenewa menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan ASEAN di berbagai forum dan organisasi internasional di Jenewa.  Dalam hal ini, bertepatan dengan ulang tahun ASEAN ke-44 yang diperingati tanggal 8 Agustus yang lalu, untuk pertama kalinya hymne ASEAN berkumandang dan bendera ASEAN berkibar di langit Jenewa, serta dikibarkan serentak di seluruh perwakilan negara anggota ASEAN di dunia.

Upacara penurunan bendera di PTRI Jenewa telah dilaksanakan dengan khidmat diikuti dengan acara ramah tamah dengan seluruh masyarakat Indonesia di Jenewa dan pembagian hadiah lomba HUT RI ke-66. Acara ditutup dengan tarawih umat Muslim Indonesia di Jenewa.

 

Jenewa, 18 Agustus 2011