Mission Indonesia

Prof. Tjandra Yoga Aditama terpilih sebagai anggota IHR Review Committee

April 15, 2010 Posted under Health and Labour Issues 

 

Diplomasi kesehatan yang dilakukan pada tingkat global kembali mendapatkan pengakuan dengan terpilihnya Profesor Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan sebagai salah satu anggota International Health Regulations Review Committee WHO. Untuk itu, Profesor Tjandra bersama 28 orang pakar pandemik dari seluruh dunia telah melaksanakan tugas pertamanya pada sidang WHO-International Health Regulations ”Review Committe on the Functioning of the International Health Regulations (2005) and Assesment of the International Preparedness and Response to the Pandemic of Influenza (H1N1) 2009 di Jenewa, tanggal 12-14 April 2010.

Profesor Tjandra Aditama yang terpilih menjadi anggota Review Committe yang prestisius tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan akan kepakaran dan latar belakang profesionalnya di bidang penanganan pandemik dan penyakit menular lainnya. mewakili pakar dari Negara-negara berkembang

Pada Pertemuan yang berlangsung selama tiga hari dan dibuka oleh Dirjen World Health Organization (WHO), Mrs. Margaret Chan, telah dihadiri oleh 29 orang anggota pakar WHO dan dipimpin oleh Professor Harvey Finenberg, Presiden the Institute of Medicine, AS. Sebagaimana disampaikan oleh Dirjen WHO dalam sambutan Pembukaannya, Pertemuan Review Committee antara lain bertugas untuk melakukan penilaian terhadap pelaksanaan fungsi IHR, khususnya dalam menghadapi Pandemik Influenza pada tahun 2009, serta dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan publik lainnya.

Pertemuan secara khusus telah memfokuskan sejumlah permasalahan dalam sistem kesehatan global terkait kesiapan dalam menghadapi pandemik. Untuk itu, Pertemuan juga sepakat untuk mendalami kajian terhadap tiga hal pokok yakni: 1). Capacity and preparedness; 2). Alert and risk assessment; 3). dan Response.

Pertemuan tersebut memiliki nilai strategis bagi kepentingan Indonesia khususnya terkait dengan harapan agar Review Committee juga dapat membahas isu-isu yang lebih crucial, misalnya keinginan negara-negara berkembang untuk me-review mekanisme WHO dalam konteks Global Influenza Surveillance Network, maupun collaborating centres-nya.

Pertemuan sepakat untuk melanjutkan pembahasan mengenai hal-hal tersebut di pertemuan berikutnya pada bulan Juni dan September 2010, dan diharapkan dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi pada Sidang WHA ke-64 tahun 2011. 

 

 

Jenewa, 15 April 2010