Mission Indonesia

Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Monaco menandatangani MOU Relokasi Rumah Korban Tsunami di Pulau Pagai Selatan, Mentawai

November 30, 2011 Posted under Human Rights and Humanitarian Issues 

 

MOU PMIPada tanggal 30 November 2011, di sela-sela pertemuan 31st International Conference of the Red Cross and Red Crescent di Jenewa, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Palang Merah Monaco (Croix-Rouge Monegasque/CRM) telah menandatangani Memorandum of Understanding kerjasama kedua national societies mengenai relokasi permanen dari 516 rumah yang terkena dampak tsunami di Pulau Pagai Selatan, Mentawai. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Sekretaris Jenderal PMI, Budi A. Adiputro, dan Philippe Narmino, Secretaris Jenderal MRC, disaksikan oleh Wakil Tetap RI di Jenewa, Duta Besar Dian Triansyah Djani dan Wakil Tetap Kerajaan Monako di Jenewa, H.E. Mr. Robert Fillon.   

Dalam MoU ini, kedua pihak akan bekerjasama dalam relokasi rumah-rumah yang terkena dampak Tsunami pada bulan Oktober tahun 2010 dengan mengembangkan akses terhadap air/ fasilitas sanitasi dan meningkatkan praktek-praktek untuk mengurangi resiko penyakit yang ditularkan melalui air di Pulau Pagai Selatan tersebut. Wilayah ini merupakan salah satu dari 7 tempat yang dikenal dengan air terjenih di dunia.

MoU ini akan berlaku selama 1 tahun sejak ditandatangani dan akan berakhir pada bulan Desember 2012. Proyek-proyek yang akan dilaksanakan akan dibiayai oleh CRM, sementara  PMI akan bertanggung jawab untuk mengelola proyek tersebut secara efisien. ‘Penandatanganan MoU ini merupakan wujud kerjasama national societies yang diharapkan berdampak langsung dalam memberikan bantuan kemanusiaan, pemulihan (recovery) serta mengurangi beban korban bencana,’ demikian disampaikan oleh Sekjen PMI. Penandatanganan yang disaksikan wakil pemerintah kedua negara menunjukkan dukungan dan kerjasama pemerintah terhadap kinerja national society berkaitan dalam bidang humaniter.

31st International Conference of the Red Cross and Red Crescent yang diselenggarakan pada tanggal 28 November 2011 – 1 Desember 2011, merupakan konferensi empat tahunan dan pertemuan kali ini bertemakan “Our World. Your Move – for humanity.” Pertemuan difokuskan pada penguatan hukum kemanusiaan internasional, penguatan aksi kemanusiaan setempat, penanganan hambatan-hambatan pelayanan kesehatan, serta penguatan hukum bencana.

 

Jenewa, 30 November 2011