Mission Indonesia

PELUANG KARIER SEBAGAI INTERNATIONAL CIVIL SERVANTS DI PBB MELALUI YOUNG PROFESSIONAL PROGRAMME (YPP) TAHUN 2012.

May 21, 2012 Posted under Special Events 

 

PELUANG KARIER SEBAGAI INTERNATIONAL CIVIL SERVANTS DI PBB MELALUI

YOUNG PROFESSIONAL PROGRAMME (YPP) TAHUN 2012

 

Sekretariat PBB melalui Office for Human Resources Management (OHRM) akan menyelenggarakan ujian seleksi bagi calon pegawai Perserikatan Bangsa­-Bangsa pada kategori profesional melalui Young Professional Programme (YPP) tahun 2012.

PERSYARATAN

Persyaratan utama untuk mengikuti YPP adalah minimal berpendidikan sarjana dalam ilmu yang relevan dengan bidang pekerjaan yang tersedia, berumur maksimal 32 tahun pada tanggal 31 Desember 2012, dan lancar menggunakan Bahasa Inggris atau Perancis.

Sekretariat PBB akan menyebarluaskan informasi mengenai ujian seleksi YPP 2012 melalui beberapa jalur. Salah satu jalur yang sudah dapat diakses saat ini adalah melalui situs http://careers.un.org yang menyediakan informasi lengkap mengenai ujian YPP 2012, termasuk proses aplikasi dan contoh soal ujian. Mulai Juli 2012, Sekretariat PBB juga akan menyebarluaskan informasi melalui media terkemuka (The Economist, Jeune Afrique, Le Monde), media sosial (Facebook, Twitter, Linkedln), dan jejaring lainnya (UN Resident Coordinator, UN Information Centres (UNICs), komunitas sumberdaya manusia di organisasi-organisasi intemasional, LSM, universitas, serta asosiasi mantan pegawai sipil internasional).

PENDAFTARAN

Pendaftaran untuk mengikuti seleksi hanya dilakukan secara online melalui situs http://careers.un.org dibuka mulai 13 Juli 2012 dan ditutup 12 September 2012 pukul 11:59 malam waktu New York. Perlu disampaikan bahwa aplikasi yang tidak lengkap atau terlambat dikirimkan tidak akan diterima oleh Sekretariat PBB. Peserta yang telah menyelesaikan pendaftaran/proses aplikasi akan menerima bukti pendaftaran melalui e-mail. Nomor pendaftaran/aplikasi akan diberikan kepada peserta yang dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis.

PROSES SELEKSI

Penyaringan calon peserta akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama berupa penyaringan administratif berdasarkan kriteria yang ditetapkan, yaitu memiliki kebangsaan (nationality) negara yang berpartisipasi dalam YPP 2012, berumur maksimal 32 tahun (lahir 1 Januari 1980 atau sesudahnya), berpendidikan minimal sarjana (S-1), dan lancar berbahasa Inggris atau Perancis. Penyaringan tahap kedua dilakukan apabila terdapat lebih dari 40 pelamar dari negara yang sama dalam setiap bidang pekerjaan. Kriteria untuk penyaringan kedua ini didasarkan pada faktor penguasaan bahasa tambahan, jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta pengalaman kerja.

TEMPAT DAN ADMINISTRASI UJIAN

Ujian dapat diselenggarakan di ibukota negara yang berpartisipasi dalam ujian apabila terdapat minimal 15 calon peserta. Dalam hal ini, negara yang berpartisipasi berkewajiban untuk menyiapkan dan menyediakan pengawas ujian, tempat ujian, dan tempat penyimpanan bahan ujian. Pada setiap lokasi ujian (examination centre), akan terdapat seorang administrator ujian dari PBB. Sedangkan focal point yang telah ditunjuk oleh negara partisipan antara lain akan bertugas untuk melakukan koordinasi dengan administrator ujian dari PBB untuk pelaksanaan ujian tertulis.

Ujian akan terdiri dari 2 bagian, yaitu ujian tertulis dan ujian lisan. Ujian tertulis akan berlangsung selama 4,5 jam dan terdiri dari ujian umum mengenai isu-isu internasional dan ujian spesifik terkait bidang pekerjaan yang diminati. Ujian lisan terdiri dari wawancara (competency-based interview) dan presentasi. Untuk ujian lisan ini, Sekretariat PBB akan menggunakan media video/telekonferensi atau Skype.

Ujian akan dilaksanakan hampir serentak di seluruh dunia dengan menggunakan standar waktu di New York, untuk mengurangi risiko kebocoran soal ujian. Dengan demikian, calon peserta perlu mempersiapkan diri dengan kondisi perbedaan waktu dimaksud. Catatan: untuk pelaksanaan ujian di lokasi ujian di lndonesia (Jakarta) diperkirakan akan diselenggarakan mulai sekitar pukul 19.00 (WIB).

PENEMPATAN/PENUGASAN BAGI PESERTA YANG TERPILIH

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan ditempatkan pada berbagai pos penugasan PBB atau pada misi/operasi pemeliharaan perdamaian PBB, pada jenjang jabatan P-1 atau P-2. Sedangkan peserta yang lolos seleksi namun tidak mendapat tempat penugasan akan dimasukkan dalam daftar cadangan (reserve list), yang akan mengisi jabatan lowong di kemudian hari. Daftar cadangan tersebut mempunyai batas waktu 2 tahun sejak selesainya ujian. Peserta dalam daftar cadangan yang pernah menolak undangan wawancara atau menolak tawaran pekerjaan akan dikeluarkan dari daftar cadangan.

Peserta yang telah lolos seleksi akan mengikuti program orientasi selama 2 minggu sebelum penugasan pertama. Penugasan awal umumnya berlangsung selama 2 tahun, yang akan diikuti oleh penugasan kedua pada pos penugasan yang berbeda.

HIMBAUAN BAGI WARGA NEGARA INDONESIA (WNI) UNTUK BERPARTISIPASI

Sehubungan dengan hal-hal tersebut, dan mengingat bahwa tawaran program YPP merupakan kesempatan yang langka, serta sejalan dengan perhatian khusus yang diberikan oleh Presiden RI mengenai jumlah WNI yang bekerja pada organisasi internasional, bersama ini dihimbau agar WNI memanfaatkan sebaik mungkin program YPP ini.  

Warga negara lndonesia yang berada di luar negeri dapat mengikuti ujian seleksi di examination centre terdekat yang akan ditentukan pada waktunya oleh Sekretariat PBB berdasarkan jumlah qualified applicants di lokasi negara dimaksud. Keterangan lebih lengkap mengenai ujian YPP 2012 dapat diakses dari situs http://careers.un.org.