Mission Indonesia

PRESS RELEASE PARTISIPASI DELEGASI RI PADA SIDANG KE-65 WORLD HEALTH ASSEMBLY JENEWA, 21-26 MEI 2012

May 25, 2012 Posted under Health and Labour Issues 

 

PRESS RELEASE

PARTISIPASI DELEGASI RI PADA SIDANG KE-65 WORLD HEALTH ASSEMBLY

JENEWA, 21-26 MEI 2012

 

Indonesia Menempatkan Pencapaian Universal Health Coverage sebagai salah satu upaya Pemerintah Memberikan Perlindungan Kesehatan bagi Warganya

Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat sistem kesehatannya guna pencapaian Universal Health Coverage sebagai wujud upaya pemerintah dalam meingkatkan sistem perlindungan kesehatan bagi masyarakat. Hal itu ditegaskan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. Ali Ghufron Mukti, sebagai Ketua Delegasi RI, pada sidang sesi pleno World Health Assembly (WHA) ke-65 di Jenewa, tanggal 21-26 Mei 2012. Pidato Ketua Delegasi RI tersebut disampaikan tanggal 22 Mei 2012 di depan sesi Pleno yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan Cote d`Ivoire, Professor Thérèse N’Dri-Yoman dan dihadiri oleh Dirjen WHO, Dr. Margaret Chan dan delegasi dari 194 Negara-Negara Anggota WHO.

Sebagai wujud komitmen Pemerintah dalam mewujudkan perlindungan kesehatan bagi semua, Wakil Menteri Kesehatan RI tegaskan bahwa Indonesia terus meningkatkan program nasional di bidang Universal Coverage melalui program asuransi kesehatan, yang pada tahun 2011 telah mencakup 63% penduduk Indonesia (143 juta jiwa). Secara nasional, target pencapaian Universal Coverage Indonesia tersebut diharapkan dapat dicapai pada 2014.

Sidang ke-65 WHA tersebut membahas sejumlah agenda utama antara lain: WHO Reform, Mental Disorders, Poliomyelitis, Pandemic Influenza Preparedness (PIP) Framework, Substandard/spurious/falsely-labelled/falsified/ counterfeit medical products, Non Communicable Diseases (NCD), International Health Regulation (IHR) 2005, dan Consultative Expert Working Group on Research and Development: Financing and Coordination. Pada sidang ke-65 tersebut, WHA telah menunjuk kembali Dr. Margaret Chan sebagai Direktur Jenderal WHO untuk masa jabatan lima tahun kedua (1 Juli 2012- 30 Juni 2017).

Selama menghadiri Sidang ke-65 WHA, Wakil Menteri Kesehatan RI yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden WHA-65 bersama dengan Ketua Delegasi dari Afghanistan, Paraguay, Republik Moldova, dan Solomon Islands, telah berkesempatan untuk memimpin Sidang Sesi Pleno pada tanggal tanggal 23 Mei 2012 guna memimpin mata agenda Pandangan Umum. Wakil Menteri Kesehatan juga telah memanfaatkan kehadirannya di Jenewa guna melakukan pembicaraan bilteral dengan Menkes AS, Menkes Bangladesh, Menkes Mexico, serta Pertemuan dengan Dirjen WHO, Dr. Magaret Chan. Wakil Menkes RI juga menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Gerakan Non Blok, tanggal 21 Mei 2012, serta Pertemuan tujuh Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Brazil, Perancis, Indonesia,  Norwegia, Thailand, dan Senegal yang tergabung pada Inisiatif Foreign Policy and Global Health (FPGH) di kediaman Wakil Tetap Perancis untuk PBB di Jenewa, tanggal 22 Mei 2012. Pada pertemuan-pertemuan tersebut telah dibicarakan komitmen terhadap keberlanjutan dan upaya peningkatan kerjasama bilateral dengan masing-masing pihak.

Sidang ke-65 WHA juga telah memberikan penghargaan “Sasakawa Health Prize” kepada Yayasan Syamsi Dhuha dari Indonesia yang bergerak dalam penanggulangan lupus dan gangguan penglihatan, atas upayanya dalam menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang kesehatan publik di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan kepada Ketua Yayasan Syamsi Dhuha, Ibu Dian Syarief pada Sesi Pleno di Ruang Assembly, tanggal 24 Mei 2012.

Sidang WHA ke-65 merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi kesehatan dunia ini yang diadakan setiap tahun dan dihadiri oleh seluruh anggota WHO, guna menentukan kebijakan organisasi, mengesahkan resolusi, mengawasi kebijakan dan membahas sejumlah isu-isu di bidang teknis kesehatan dunia. Pada Sidang ke-65 WHA tahun 2012, Sidang WHA mengambil tema “Universal Health Coverage” sebagai tema utamanya.

Jenewa, 24 Mei 2012