Mission Indonesia

Indonesia Secara Konsensus Ditetapkan Sebagai Tuan Rumah Konferensi WTO Tingkat Menteri ke-9 Tahun 2013

July 26, 2012 Posted under Trade/WTO 

 

Pada tanggal 25 Juli 2012, sidang General Council, the World Trade Organisation (WTO) di Jenewa secara resmi telah menetapkan bahwa the Ninth WTO Ministerial Conference (Konferensi WTO Tingkat Menteri ke-9 (KTM ke-9)) akan diselenggarakan di Bali Indonesia pada minggu pertama bulan Desember 2013.

 

Dalam pertemuan dimaksud, ketua General Council menyampaikan penghargaannya atas kesediaan Indonesia untuk menjadi tuan rumah bagi konferensi dimaksud. Seluruh negara anggota telah menyampaikan dukungannya terhadap rencana penyelenggaraan KTM ke-9 di Bali tahun depan. Beberapa negara, seperti Arab Saudi selaku representasi dari the Arab Groups, Lesotho selaku representasi dari the African Groups, Haiti, Panama, dan China lebih lanjut menekankan bahwa Indonesia merupakan negara yang tepat untuk menjadi tuan rumah KTM ke-9 karena komitmen Indonesia yang tinggi terhadap multilateral trading system. Disamping itu  disampaikan pula bahwa Indonesia telah sangat berpengalaman dalam menyelenggarakan konferensi internasional, sehingga negara anggota WTO menaruh kepercayaan yang besar bahwa Indonesia akan mampu menyelenggarakan KTM ke-9 dengan sukses.

 

Duta Besar RI untuk urusan WTO, Erwidodo, menyampaikan penghargaan atas kepercayaan yang diberikan oleh seluruh negara anggota WTO kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTM ke-9 mendatang. Indonesia siap bekerja sama secara erat dengan negara anggota dan Sekretariat WTO untuk menyukseskan penyelenggaraan KTM ke-9 baik dari aspek pengaturan logistik maupun aspek substansi sehingga KTM ke-9 menghasilkan keputusan Menteri yang bermanfaat bagi seluruh negara anggota WTO. Dubes Erwidodo menekankan juga bahwa multilateral trading system memiliki peran yang signifikan untuk mempromosikan perdagangan internasional yang adil dan seimbang, mempertahankan pertumbuhan ekonomi dunia, mengurangi angka kemiskinan serta menciptakan kesempatan kerja.

 

Pada penyelenggaraan KTM ke-9 di Indonesia diharapkan dapat menyuntikkan semangat baru yang konstruktif bagi negosiasi perdagangan internasional, khususnya dalam kerangka Doha Development Agenda (DDA). (mrd)