Mission Indonesia

Press Release Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT RI ke-67 di PTRI Jenewa

August 17, 2012 Posted under Special Events 

 

Press Release Peringatan Hari Ulang tahun Republik Indonesia ke-67

Di Jenewa, Swiss

17 Agustus 2012

 

Warga Negara Indonesia di Jenewa, Swiss, dengan penuh antusias mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67 yang diselenggarakan di Perwakilan Tetap RI di Jenewa. Duta Besar RI, Edi Yusup, selaku charge d’affaires PTRI Jenewa, bertindak sebagai Pembina Upacara. HUT RI ke-67 ini bertema “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Suasana semakin bertambah khidmat mengingat pelaksanan peringatan HUT RI ke-67 ini berlangsung dalam bulan kesyahduan Bulan Suci Ramadhan dan berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 H.

8 Pasukan Pengibar Bendera dari kalangan pelajar dan pegawai PTRI Jenewa  dengan langkah tegap mengibarkan Bendera Merah Putih diiringi dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Dalam upacara ini, sekitar 15 anak-anak siswa setingkat TK dan SD berpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia menyanyikan medley lagu nasional yaitu “Halo-Halo Bandung”, “Berkibarlah Benderaku”, dan “Maju Tak Gentar”.

Dalam Pidatonya, Duta Besar Edi Yusup, menyampaikan ajakan agar seluruh masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya dapat terus menjaga kedaulatan negara dan keutuhan bangsa sebagai bentuk penghargaan dan balasan atas pengorbanan para pahlawan dan pendahulu yang telah mempertahankan kemerdekaan, baik dengan senjata maupun diplomasi.  Selain itu, Kemerdekaan harus dimaknai sebagai dorongan untuk bekerja lebih keras dan bersatu menyelesaikan masalah-masalah besar bangsa dan negara serta mengisi kemerdekaan dengan langkah-langkah nyata demi kejayaan bangsa dan negara.

Duta Besar RI juga mengutip pidato kenegaraan Presiden RI tanggal 16 Agustus 2012 mengenai enam isu utama yang perlu mendapatkan perhatian dari seluruh bangsa Indonesia yaitu Pemberantasan Korupsi; Reformasi Birokrasi dan Good Governance; Kekerasan dan benturan sosial; Iklim investasi dan kepastian hukum; Pembangunan Infrastruktur; dan Kebijakan fiskal menghadapi krisis ekonomi global.

Kepada Masyarakat Indonesia di Jenewa sebagai bagian dari diaspora Indonesia juga disampaikan harapan agar dapat memaksimalkan hasil Pertemuan “Congress of Indonesian Diaspora” di Los Angeles pada tanggal 6-8 Juli 2012 dan selalu ingat untuk tetap mengibarkan semangat “merah putih” di hati sanubari masing-masing.

Seusai pelaksanaan upacara penaikan bendera, Masyarakat Indonesia di Jenewa mengikuti acara ramah tamah yang semakin memeperkuat tali persaudaraan dan persatuan sesama bangsa.

Pada petang hari, PTRI Jenewa juga melangsungkan upacara penurunan bendera yang tidak kalah khidmat. Upacara penurunan bendera kemudian diikuti dengan pembagian hadiah kepada para para pemenang berbagai lomba dalam rangka peringatan HUT RI ke-67 dan diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia di Jenewa. Peringatan HUT RI di Jenewa ini akhirnya ditutup dengan kegiatan buka bersama masyarakat Indonesia di Jenewa.

Dalam kesannya seusai upacara penurunan bendera, Duta Besar Edi Yusup mengatakan “Kita sangat senang dan bangga dapat melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Proklamasi kemerdekaan RI pada bulan suci Ramadhan. Hal ini mengingatkan kita pada 67 tahun yang lalu ketika pembacaan teks Proklamasi oleh dua Proklamator Soekarno dan hatta juga jatuh pada saat bulan suci Ramadhan. Semoga di bulan suci yang berkah ini, Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT akan memberikan rakhmat dan hidayah-Nya serta kekuatan kepada kita semua dalam membangun bangsa dan negara Indonesia menjadi bangsa yang besar, maju, adil, sejahtera dan bermartabat”.

Jenewa, 17 Agustus 2012