Mission Indonesia

Partisipasi Delegasi RI pada Foreign Policy and Global Health Ministerial Breakfast

September 25, 2012 Posted under Health and Labour Issues 

 

Delegasi RI, diwakili oleh Dirjen Multilateral Kementerian Luar Negeri, telah mewakili Menlu RI untuk hadir pada pertemuan Foreign Policy and Global Health Ministerial Breakfast (FPGH), yang diselenggarakan oleh Delegasi Perancis dalam kapasitasnya selaku Koordinator Negara-negara FPGH di tahun 2012. Pada kesempatan tersebut, KUAI PTRI Jenewa dan Direktur Sosbud OINB juga telah turut mendampingi Ketua Delegasi RI.

Pertemuan yang diselenggarakan di Kantor Perutusan Tetap Perancis pada PBB di New York tersebut diselenggarakan di sela-sela penyelenggaraan Sidang Majelis Umum PBB ke-67/2012. Pertemuan dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Perancis untuk urusan Pembangunan, Mr. Pascal Canfin, dan dihadiri oleh para pejabat tinggai dari enam negara FPGH, yaitu Senegal dan Norwegia (pada tingkat Menlu) serta Indonesia, Brazil, Norwegia, Thailand, dan Afrika Selatan (pada tingkat pejabat tinggi).

Pertemuan tingkat menteri FPGH tahun ini mengambil tema “Health and Sustainable Development in the Post-2015 Agenda”. Selain itu, pertemuan juga ditujukan untuk membahas beberapa agenda khusus terkait dengan beberapa kegiatan inisiatif FPGH di masa depan, khususnya isu rancangan resolusi SMU PBB ke-67 yang disiapkan oleh FPGH mengenai Universal Health Coverage (UHC).

Pada pertemuan tersebut, Delegasi RI menekankan bahwa isu kesehatan merupakan salah satu elemen terpenting dari pencapaian MDGs, khususnya terkait pengentasan kemiskinan. Dengan demikian isu kesehatan perlu tetap in the radar screen masyarakat internasional paska MDGs 2015. Disampaikan pula oleh Ketua Delegasi RI bahwa Presiden RI saat ini menjadi salah satu Co-Chair dari HLP Post 2015 Agenda dan saat ini telah melakukan berbagai rangkaian aktivitasnya dalam rangka penyusunan laporan kepada Sekjen PBB mengenai agenda paska 2015.

Pada akhir pertemuan, seluruh Negara FPGH telah menyepakati sebuah Ministerial Communique yang pada prinsipnya menekankan pentingnya isu UHC sebagai isu utama yang diangkat FPGH tahun ini, sebagaimana direfleksikan di dalam ranres SMU PBB ke-67/2012 yang disiapkan FPGH.

Sebagaimana dimaklumi, FPGH merupakan inisiatif di antara 7 negara (Brasil, Perancis, Indonesia, Thailand, Afrika Selatan, Norwegia dan Senegal) yang dibentuk pada tahun 2007 dengan tujuan untuk mensinergikan kebijakan luar negeri dengan kebijakan di bidang kesehatan. Hal ini dinilai penting dalam rangka menjamin kedua kebijakan tersebut dapat saling mendukung serta memberikan manfaat yang besar bagi seluruh penduduk di seluruh Negara. Indonesia dijadwalkan akan menjadi Ketua FPGH pada tahun 2013 mendatang.

 

New York, 25 September 2012

 

 

Foreign Policy and Global Health Ministerial Breakfast

Keterangan foto : Dirjen Multilateral Kementerian Luar Negeri, Hasan Kleib, saat menyampaikan pernyataannya (dok. PTRI Jenewa).