Mission Indonesia

Indonesia terus dorong Peningkatan Peran G-15 dalam Kerjasama Ekonomi Selatan-Selatan pada PTM G-15 di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-67

September 28, 2012 Posted under Economy, Development and Environment 

 

Indonesia terus dorong G-15 untuk memainkan peran penting

bagi kerjasama negara-negara Selatan-Selatan

di bidang pembangunan ekonomi

 

Indonesia menekankan pentingnya G-15 dalam memajukan kerjasama Selatan-Selatan dan berharap agar seluruh negara dapat meneruskan upaya revitaliasi G-15 agar dapat menghadapi berbagai tantangan baru. Selain itu, Indonesia juga mendorong agar G-15 dapat meningkatkan visibilitasnya di berbagai pertemuan internasional dengan cara menyusun berbagai posisi bersama pada berbagai pertemuan internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh KUAI/Dewatapri Jenewa, mewakili Menlu RI, pada pertemuan Tingkat Menteri negara-negara G-15 tanggal 27 September 2012, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-67/2012, bertempat di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat. Pertemuan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Sri Lanka dan telah dihadiri oleh pejabat tinggi dari Negara-negara G-15.

Lebih lanjut, Indonesia juga telah menyampaikan beberapa assessment terkait laporan yang disiapkan oleh Chairman of Personal Representative untuk tahun 2012, khususnya terkait penurunan biaya operasional G-15 serta dorongan bagi seluruh anggota G-15 untuk terus berpartisipasi pada beberapa kegiatan yang telah dijadwalkan akan berlangsung di masing-masing negara G-15.

Pada pertemuan tersebut, para delegasi telah mendengarkan laporan dari Chairman of Personal Representative mengenai kegiatan yang telah dilakukan oleh para perwakilan Negara-negara G-15 di Jenewa. Selain itu, para delegasi juga telah melakukan diskusi mengenai berbagai hal terkait G-15.  Para delegasi juga menyampaikan penghargaannya kepada Delegasi Indonesia dan Meksiko yang telah memimpin negosiasi terkait beberapa isu khusus mengenai restrukturisasi G-15 di Jenewa.

 

New York, 27 September 2012