Mission Indonesia

Press Release Partisipasi Wakil Menteri Kesehatan RI pada WHO-World Bank Ministerial-level Meeting on Universal Health Coverage

February 18, 2013 Posted under Health and Labour Issues 

 

Press Release

Partisipasi Wakil Menteri Kesehatan RI pada

WHO-World Bank Ministerial-level Meeting on

Universal Health Coverage

 

Pemerintah RI terus mengambil berbagai kebijakan yang diperlukan dalam rangka memberikan “Universal Health Coverage” kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Disadari bahwa penyediaan UHC kepada seluruh rakyat Indonesia memerlukan proses dan waktu, terutama mengingat besarnya jumlah penduduk Indonesia serta kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari lebih dari 17 ribu pulau. Namun demikian, berbagai tantangan tersebut tidak akan menyurutkan kebijakan Pemerintah dalam meneruskan langkah-langkah menuju tercapainya UHC.

Lebih lanjut, Wamenkes juga menginformasikan bahwa cakupan jaminan kesehatan di Indonesia pada saat ini telah mencapai 86,4 juta penduduk miskin dan hampir miskin. Kedepannya, 5 buah skema asuransi kesehatan yang ada diharapkan akan dapat digabungkan (merged) pada tahun 2014 untuk mempermudah seluruh lapisan masyarakat mendapatkan manfaat dari penerapan UHC di Indonesia.

Dalam penyampaian best practices, Wamenkes menyampaikan bahwa salah satu inisiatif yang telah dilaksanakan oleh Pemri dalam meningkatkan daya ungkit penduduk miskin dan hampir miskin adalah pembentukan basis data terpadu, yang dilakukan di bawah koordinasi kantor Wakil Presiden RI. Dengan adanya data tersebut penyaluran bantuan terkait program kemiskinan, termasuk penyediaan UHC, akan memiliki dampak yang lebih maksimal.

Berkaitan dengan upaya masyarakat internasional untuk menerapkan UHC, Indonesia berpandangan bahwa penerapan UHC memerlukan political will yang kuat dari seluruh komponen di Pemerintahan, khususya Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan.

Berbagai hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. Ali Gufron Mukti pada saat menjadi salah satu panelis utama pada salah satu Roundtable Discussion pada acara “Ministerial-level Meeting on Universal Health Coverage” yang diselenggarakan oleh World Health Organization (WHO) bekerjasama dengan World Bank, tanggal 18 Februari 2013, bertempat di Markas Besar WHO, Jenewa, Swiss. Wamenkes RI telah menjadi panelis utama pada saat diskusi mengenai tema “Country experiences with health financing reforms for universal health coverage”.

Acara tersebut diselenggarakan oleh WHO dan Bank Dunia sebagai forum tukar pengalaman serta pemikiran di antara Negara-negara anggota WHO dalam mengimplementasikan jaminan kesehatan di negaranya masing-masing. Selain itu, diharapkan para delegasi juga dapat mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat dilakukan bersama oleh masyarakat internasional dalam memajukan UHC di seluruh Negara.

Acara dihadiri oleh pejabat tinggi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan pada tingkat menteri, wakil menteri, serta pejabat tingkat tinggi lainnya dari sekitar 30 negara, dan akan berlangsung hingga tanggal 19 Februari 2013.

Secara terpisah, Wamenkes RI juga telah memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai signifikansi UHC serta kebijakan Pemerintah RI mengenai UHC dalam sebuah sesi rekaman video bagi kalangan pers internasional yang dilakukan oleh Department of Communication Sekretariat WHO.

 

Jenewa, 18 Februari 2013