Mission Indonesia

PRESS RELEASE INDONESIA TEKANKAN PENTINGNYA ISU KESEHATAN DALAM KERANGKA PEMBANGUNAN GLOBAL

May 21, 2013 Posted under Health and Labour Issues 

 

PRESS RELEASE

 INDONESIA TEKANKAN PENTINGNYA ISU KESEHATAN DALAM KERANGKA PEMBANGUNAN GLOBAL

 

Indonesia menekankan bahwa isu kesehatan merupakan kontributor sekaligus penerima manfaat dari kemajuan ekonomi dan pembangunan di suatu negara. Oleh karena itu, Pemerintah berhak dan berkewajiban untuk membangun serta mempertahankan berbagai kebijakan yang efektif dan komprehensif terkait kesehatan masyarakatnya.

Hal tersebut ditekankan oleh Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, dalam pernyataan Delegasi Indonesia di pertemuan Sesi ke-66 World Health Assembly (WHA) di Kantor PBB Jenewa, pada tanggal 20 Mei 2013. Lebih lanjut, Menkes menekankan bahwa isu kesehatan harus menjadi prioritas bagi para pemimpin dalam rangka menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan dapat dinikmati oleh seluruh penduduk.

Menkes juga menegaskan pentingnya pengakuan bahwa isu kesehatan merupakan isu yang sangat strategis bagi pembangunan, khususnya dalam menciptakan tujuan dan sasaran, yang terkait dengan people’s well-being yang dapat dilihat dari peningkatan kualitas hidup. Dalam kaitan ini, Indonesia pada tahun 2014 akan memulai tahapan penting dalam rangka mencapai Universal Health Coverage bagi seluruh rakyat Indonesia pada tahun 2019.

Menkes RI juga menekankan pentingnya masyarakat internasional untuk memberikan perhatian internasional terhadap berbagai jenis penyakit tidak menular (non-communicable disease). Di sisi lain, upaya masyarakat global untuk memerangi penyakit menular (communicable disease) serta under nutrition tetap harus dipertahankan.

Indonesia juga akan terus mengambil berbagai langkah dalam rangka mengatasi masalah AIDS, Tuberculosis, dan Malaria maupun berbagai ancaman kesehatan lainnya termasuk merebaknya kasus flu burung akhir-akhir ini.

Ketua Delegasi RI juga dijadwalkan akan melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan beberapa Menteri Kesehatan dari negara lain, memberikan pernyataan di berbagai pertemuan dalam kerangka WHA serta menjadi tuan rumah pada pertemuan tingkat menteri dalam kerangka Foreign Policy and Global Health Initiative.

World Health Assembly merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di bidang kesehatan bagi seluruh negara anggota PBB.  Sesi ke-66 yang mengangkat tema "How to ensure the placement of health in the next generation of global development agenda" ini dipimpin oleh Dr. Sigeru Omi (Jepang) dan akan berlangsung sampai tanggal 28 Mei 2013.

Jenewa, 21 Mei 2013