Mission Indonesia

Menkes RI Pimpin Pertemuan Tingkat Menteri Inisiatif Foreign Policy and Global Health di Jenewa

May 21, 2013 Posted under Health and Labour Issues 

 

Dr. Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan RI, pada tanggal 21 Mei 2013 di Jenewa telah memimpin pertemuan tingkat Menteri Inisiatif Foreign Policy and Global Health (FPGH), yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan atau Wakil Menteri Kesehatan dari ketujuh negara anggota FPGH, yaitu Afrika Selatan, Brazil, Perancis, Norwegia, Thailand, dan Senegal. Pertemuan telah mengangkat tema “Health in the next Generation of Global Development Goals”.

Dalam pertemuan tersebut, para delagasi telah melakukan tukar pikiran mengenai tema utama dan sejumlah isu kesehatan global yang menjadi perhatian bersama, antara lain tinjau ulang implementasi Millennium Development Goals (MDGs), penyakit menular dan penyakit tidak menular, Universal Health Coverage (UHC), kerangka kerjasama untuk mengatasi pandemik influenza, social determinants of health dan pembangunan berkelanjutan.

Di akhir pertemuan, para Menteri Kesehatan FPGH telah disepakati Ministerial Communique yang menekankan kembali komitmen mereka terhadap pemajuan kesehatan global, terutama dikaitkan dengan berbagai kebijakan lain di luar aspek kesehatan.

Foreign Policy and Global Health Initiative merupakan forum yang dibentuk oleh para Menteri Luar Negeri dari ketujuh negara tersebut pada tahun 2006 dan bertujuan menekankan keterkaitan antara kebijakan luar negeri dengan kebijakan di bidang kesehatan, yang merupakan perhatian bersama seluruh masyarakat internasional.

Indonesia saat ini tengah menjabat sebagai Koordinator FPGH sepanjang tahun 2013. Dalam kerangka FPGH, di samping pertemuan rutin para Menkes di sela-sela sidang WHA, para Menlu FPGH secara berkala juga melakukan pertemuan dan memrakarsai sejumlah ranres terkait isu kesehatan global di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB. Seluruh resolusi tersebut disahkan secara konsensus oleh seluruh anggota PBB, yang menunjukkan dukungan luas dari masyarakat internasional terhadap berbagai inisiatif ke-tujuh negara FPGH tersebut.

Keterlibatan Indonesia dalam Inisiatif tersebut menunjukkan peran penting dan kontribusi Indonesia dalam politik luar negeri dan isu kesehatan global.

 

Jenewa, 21 Mei 2013

 

================================

 

Joint Communique FPGH WHA 66 ADOPTED BY MINISTERS