Mission Indonesia

Indonesia tekankan pentingnya kontinuitas upaya pencapaian Millennium Development Goals 4 dan 5 mengenai Kesehatan Ibu dan Anak

May 24, 2013 Posted under Health and Labour Issues 

 

Indonesia berpandangan bahwa berbagai target kesehatan yang terdapat di dalam Millennium Development Goals (MDGs) harus terus diupayakan agar dapat dipenuhi oleh masyarakat internasional. Di dalam pembahasan isu post-2015 development agenda yang akan dilakukan secara intensif menjelang berakhirnya tenggat waktu MDGs tahun 2015, isu kesehatan harus terus ditempatkan sebagai unfinished business dan terus diupayakan pencapaiannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Tjandra Yoga Aditama, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), pada saat menjadi salah satu pembicara utama acara Side Event on MDGs 4 & 5 yang diselenggarakan di Markas Besar PBB tanggal 24 Mei 2013.

Selanjutnya, Dirjen P2PL juga menyampaikan bahwa, menjelaskan meskipun bentuk serta isi dari post-2015 development agenda masih akan dinegosiasikan oleh seluruh negara anggota PBB, saat ini masyarakat internasional harus terus memberikan perhatian besar terhadap isu kesehatan ibu dan anak serta mulai memberikan perhatian terhadap kesehatan remaja, khususnya dalam rangka menyiapkan para remaja yang akan segera memasuki periode kehamilan. Selain itu , perlunya diperhatikan juga penanganan berbagai penyakit tidak menular (Non-Communicable Diseases/NCDs) yang secara langsung memberikan dampak terhadap kesehatan ibu dan anak.

Acara Side Event mengenai MDGs 4&5 tersebut merupakan salah satu acara yang diselenggarakan di sela-sela penyelenggaraan Sidang World Health Assembly (WHA) ke-66 yang berlangsung tanggal 20-28 Mei 2013. Acara tersebut diselenggarakan bersama oleh Pemerintah Bangladesh, Ethiopia, Tanzania, Amerika Serikat, dan Indonesia. Pertemuan ini bertujuan untuk menggalang dukungan terhadap pentingnya masyarakat internasional terus memperhatikan pentingnya isu maternal and child health, khususnya dalam kerangka pembentukan post-2015 development agenda.

Selain Dirjen P2PL, para pembicara lain yang telah menyampaikan presentasi adalah Dr. AFM Ruhal Haque (Menkes Bangladesh), Dr. Keseterbihan Admasu (Menkes Etiopia), Wamenkes Tanzania, serta pejabat tinggi dari US Agency for International Development.

 

Jenewa, 24 Mei 2013

 

 

Prof. Tjandra Yoga Aditama, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL)

Prof. Tjandra Yoga Aditama, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL)