Mission Indonesia

Press Release Komunitas lokal berperan penting dalam penanganan dampak bencana alam

July 16, 2013 Posted under Human Rights and Humanitarian Issues 

 

Press Release

 Komunitas lokal berperan penting dalam

penanganan dampak bencana alam

 

“Komunitas lokal berperan sangat penting dalam kolaborasi di antara semua pemangku kepentingan dalam upaya penanganan bencana alam. Oleh karena itu, sudah sewajarnya apabila Pemerintah dan masyarakat internasional memberikan perhatian dan turut membantu peningkatan kemampuan masyarakat lokal dalam menghadapi bencana alam” Demikian disampaikan Sukiman Mochtar Pratomo, pendiri Komunitas Jalin Merapi, dalam kapasitasnya sebagai salah satu panelis utama dalam diskusi panel bertemakan “Reducing vulnerability, improving capacities and managing risks: an approach for humanitarian and development actors to work together”, pada tanggal 16 Juli 2013 di Jenewa. Panel tersebut merupakan salah satu acara utama dalam Sidang Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (ECOSOC) yang tengah berlangsung di Kantor PBB, Jenewa.

Lebih lanjut, Sukiman menekankan bahwa komunitas lokal perlu dilihat sebagai subjek dalam upaya penanganan bencana dan bukan sekedar obyek penderita. Komunitas lokal adalah sumber utama informasi yang akurat karena mereka tinggal di daerah sekitar bencana. Hal ini sangat penting dalam rangka menanggapi berbagai informasi yang tidak akurat yang biasanya datang dari sumber-sumber sekunder dan tidak terverifikasi. Dalam kesempatan ini, Sukiman menyampaikan pula berbagai pengalaman masyarakat yang hidup di sekitar Gunung Merapi dalam menghadapi beberapa kali bencana letusan gunung Merapi.

Dalam memainkan perannya, komunitas lokal pun saat ini telah memanfaatkan berbagai teknologi dalam menyebarkan berbagai pemberitaan kepada masyarakat internasional terkait bencana alam.  Meskipun demikian, Sukiman juga menekankan bahwa yang terpenting bukanlah bentuk dari teknologi yang digunakan, melainkan manusia yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk kepentingan publik.

Undangan Sekretariat PBB kepada Komunitas Jalin Merapi untuk berpartisipasi pada Sidang ECOSOC ini merupakan bentuk pengakuan masyarakat internasional terhadap reputasi dan kontribusi positif Komunitas Jalin Merapi, sebagai salah satu contoh bentuk keterlibatan (engagement) masyarakat sipil dalam masalah penanganan dampak bencana alam pada khususnya dan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat pada umumnya.

Acara panel diskusi tersebut telah dipimpin langsung oleh Ms. Valerie Amos -Wakil Sekjen PBB untuk isu-isu kemanusiaan (Under-Secretary-General for Humanitarian Affairs). Selain Bapak Sukiman dari Komunitas Jalin Merapi, beberapa pembicara lainnya adalah Pejabat Tinggi dari Badan Penanggulangan Bencana Pakistan; pejabat tinggi dari LSM Internasional Humanitarian Aid and Civil Protection (ECHO); serta seorang peneliti dari Oxford University, Inggris.

                                                                                                Jenewa, 16 Juli 2013