Mission Indonesia

Takbir Bergema dalam Syahdu ‘Idul Fitri di Jenewa

August 08, 2013 Posted under Special Events 

 

Takbir Bergema dalam Syahdu ‘Idul Fitri di Jenewa

 

“Perayaan Idul Fitri 1434 H ini hendaknya dimanfaatkan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kesabaran, keikhlasan, peduli sesama, dan semangat ukhuwah yang telah terpupuk selama Ibadah Ramadhan satu bulan penuh. Kiranya, nilai-nilai keutamaan dimaksud jangan hanya diamalkan selama bulan Ramadhan saja, namun perlu terus dilanjutkan dan ditumbuhkembangkan dalam dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, demikian disampaikan oleh Wakil Tetap Republik Indonesia di Jenewa, Duta Besar Triyono Wibowo, seusai Ibadah Shalat ‘Ied pada hari Kamis 8 Agustus 2013 di PTRI Jenewa yang diikuti oleh lebih dari 250 warga masyarakat Indonesia yang berdomisili di Jenewa dan Sekitarnya.

Hal tersebut ditegaskan pula oleh Ustadz Abdul Hayyie Al-Kattani dari Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir, dalam khutbah ‘Idul Fitri yang disampaikan di hadapan jamaah Kaum Muslimin yang memadati Ruang Nusantara PTRI Jenewa. “Ramadhan adalah madrasah untuk menempa ketaqwaan, kesabaran, tazkiyatun nafs (penyucian jiwa), serta ajang peningkatan kecerdasan emosional, spiritual, dan intelektual-profetis”. Di samping itu, Ustadz Abdul Hayyie juga menekankan hakikat pesan Ramadhan dan spirit Idul Fitri dimana manusia sebagai hamba Allah diharapkan dapat berdamai dengan dirinya serta menebarkan kedamaian dan rahmat kepada lingkungan sekitarnya.

Khidmatnya suasana Idul Fitri semakin terasa dengan terbangunnya suasana kebersamaan yang penuh dengan rasa kekeluargaan di antara para jamaah dan warga masyarakat Indonesia dalam acara silaturahmi seusai pelaksanaan Shalat ‘Ied. Acara tersebut dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi, anjangsana, dan saling bermaaf-maafan antara staf dan keluarga besar PTRI Jenewa, dengan masyarakat Indonesia yang berdomisili di Jenewa dan sekitarnya. Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Triyono Wibowo kembali mengingatkan agar masyarakat Indonesia di Jenewa memanfaatkan momentum Idul Fitri 1434 H ini untuk senantiasa menjaga tali silaturahmi dan hubungan kekeluargaan, kekompakan dan keakraban yang positif.

Shalat ‘Idul Fitri di PTRI Jenewa dihadiri oleh lebih dari 250 warga masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, baik yang bekerja di berbagai Badan dan Organisasi Internasional, pelajar, mahasiswa, maupun bidang kegiatan lainnya di Jenewa. Suasana kehangatan dirasakan dengan jamuan ketupat sayur dan opor ayam, sambal goreng hati sapi, aneka jajanan pasar, serta beragam hidangan nusantara lainnya. Ekspresi keceriaan dan kegembiraan terpancar di wajah para hadirin sebagai bentuk kebahagiaan dalam merayakan hari kemenangan bersama setelah menjalankan Ibadah Pusasa di bulan suci Ramadhan.

Perayaan Idul Fitri 1434 H di atas sekaligus merupakan puncak dari rangkaian kegiatan keagamaan yang berlangsung selama satu bulan penuh selama bulan Ramadhan di PTRI Jenewa, dalam bentuk Shalat Tarawih berjamaah, peringatan Nuzulul Quran, I’tikaf, serta Malam Takbiran pada malam menjelang 1 Syawal 1434 H, di bawah koordinasi Kelompok Pengajian Islam “Nurul Iman” yang berada di bawah asuhan PTRI Jenewa.

 

Jenewa, 9 Agustus 2013