Mission Indonesia

Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-85 Tahun 2013 di Jenewa

December 24, 2013 Posted under Special Events 

 

Press Release

Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-85 Tahun 2013 di Jenewa

 

“Program pemberdayaan perempuan jelas akan berkontribusi bagi capaian pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Hanya dengan melibatkan perempuan sebagai aktor dan salah satu target pembangunan, maka tujuan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai.”, demikian ditegaskan oleh Wakil Tetap RI, Duta Besar Triyono Wibowo, dalam sambutan beliau pada Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-85 Tahun 2013 yang diselenggarakan di PTRI Jenewa, tanggal 19 Desember 2013. Perayaan Hari Ibu kali ini mengambil tema nasional “Peran Perempuan dan Laki-Laki dalam Mewujudkan Demokrasi yang Partisipatif dan Pembangunan yang Inklusif” dengan sub-tema “Toleransi dan Kerukunan untuk Keutuhan NKRI, dimulai dari Keluarga”.

Peringatan Hari Ibu tahun ini memiliki makna yang besar, mengingat Indonesia akan memasuki tahun politik 2014, dimana diharapan persentase keterwakilan perempuan Indonesia baik pada tingkat partai politik maupun pada tingkat badan legislatif dapat mencapai 30 %. Capaian persentase keterwakilan perempuan tersebut merupakan implementasi dari mandat yang telah digariskan dalam berbagai instrumen hukum internasional dan hukum nasional.

Diharapkan, pencapaian keterwakilan perempuan dimaksud dapat mengarahkan kebijakan nasional yang melibatkan peran perempuan sebagai agent dan objective pembangunan, bukan hanya di lembaga legislatif, namun juga di lembaga eksekutif dan yudikatif, guna tercapainya kesetaraan jender sebagai salah satu prasyarat dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Lebih lanjut ditekankan bahwa peran ibu dan ayah adalah amat penting dalam membentuk generasi muda Indonesia, termasuk dalam penanaman pendidikan toleransi dalam keluarga sebagai bekal bagi penumbuhkembangan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Acara Peringatan Hari Ibu ke-85 tahun 2013 di Jenewa dihadiri oleh seluruh staf dan keluarga besar PTRI Jenewa serta segenap Warga Negara Indonesia di Jenewa dan sekitarnya. Seusai pelaksanaan upacara Wakil Tetap RI berkenan menyampaikan penganugerahan Piagam Penghargaan kepada 2 (dua) orang Warga Negara Indonesia paling senior (sesepuh) di Jenewa, yaitu Ibu Janiza Anwar dan Ibu Oensanatoen Soleiman Wibowo. Penganugerahan disampaikan sebagai penghargaan atas pengabdian kepada keluarga dan dharma bhakti kepada masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya. Acara diikuti pula pemberian secara simbolik sekuntum bunga oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan PTRI Jenewa, Ibu Moeliek Farida Wibowo.

Peringatan Hari Ibu tahun ini juga diisi acara tamah tamah dan hiburan guna mempererat tali silahturahmi di antara masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya. Melalui kegiatan hiburan, diharapkan akan semakin memupuk sikap empati dan tolerasi di antara anggota keluarga serta penghargaan terhadap peran ibu dalam keluarga.

 

§§§