Mission Indonesia

Indonesia Tekankan Pendekatan Konstruktif dalam Penanganan Isu HAM

March 13, 2014 Posted under Human Rights and Humanitarian Issues 

 

Indonesia Tekankan Pendekatan Konstruktif dalam Penanganan Isu HAM

 

Indonesia menekankan kembali perlunya semua pihak mengambil pendekatan yang konstruktif dalam pembahasan isu-isu HAM, termasuk dalam deliberasi Dewan HAM PBB. Hal ini sejalan dengan tujuan pendirian Dewan HAM yakni memberikan kontribusi nyata terhadap pemajuan dan perlindungan HAM di tingkat global.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Wakil Tetap RI pada PBB di Jenewa, Duta Besar Edi Yusup, pada saat menjadi pembicara pada acara bertema  Growth, Effectivenes and Impact of Human Rights Council Resolutions tanggal 13 Maret 2014, bertempat di Kantor PBB Jenewa. Acara tersebut merupakan salah satu Side Event yang diselenggarakan di tengah-tengah penyelenggaraan Sesi ke-25 Sidang Dewan Hak Asasi Manusia (DHAM) PBB yang berlangsung tanggal 3-28 Maret 2015.

Lebih lanjut, Duta Besar Edi Yusup menyampaikan bahwa pentingnya pendekatan konstruktif tersebut mengingat terdapat kecenderungan menurunnya jumlah resolusi yang disahkan secara konsensus, walaupun jumlah core-groups inisiator resolusi meningkat. Dalam kaitan ini, Dubes Yusup bahwa sesuai Institutional Building (IB) Package Dewan HAM, pengaju resolusi diharapkan untuk memperoleh dukungan seluas mungkin dan selama negosiasi mengedepankan prinsip transparansi dan inklusifitas.  

Acara Side Event ini diselenggarakan bersama oleh Pemerintah Mesir, Indonesia, Russia dan Ekuador serta Universal Rights Group. Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah sebagi forum tukar pikiran mengenai perkembangan dan trends terkait resolusi Dewan HAM dan kemungkinan pengembangan suatu budaya baru yang membantu agar resolusi Dewan HAM dapat dikelola lebih baik. 

Selain Duta Besar Edi Yusup, para pejabat lain yang telah menjadi pembicara pada acara ini adalah Duta Besar Walid Abdelnasser, Watap Mesir pada PBB; Duta Besar Alexey Borodavkin, Watap Russia pada PBB; Dubes Luis Gallegos Chiriboga, Watap Ekuador pada PBB; Mr. Eric Tistounet, Chief of the Human Rights Council Branch, kantor KTHAM; dan Mr. Subhas Gujadhur, Director Universal Rights Group.

Jenewa, 13 maret 2014