Mission Indonesia

Lebaran ala Indonesia di Swiss

September 10, 2010 Posted under Uncategorized 

 

Ribuan kilometer berjarak dari tanah air tidak menghalangi kebahagiaan masyarakat Indonesia yang bermukim di Jenewa dan sekitarnya untuk merayakan Hari Raya Idul Fithri 1431H dengan ala Lebaran Indonesia. Senyum bahagia yang terpancar dari wajah-wajah masyarakat Indonesia terlihat jelas pada acara Halal Bihalal (open house) Hari Raya Idul Fitri tahun 1431H bertepatan dengan tanggal 10 September 2010, di Wisma Indonesia, kediaman Wakil Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-bangsa, WTO, dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa, Duta Besar Dian Triansyah Djani,.

“Telah menjadi komitmen kami untuk senantiasa menciptkan suasana kekeluargaan, persahabatan dan persaudaran diantara masyarakat Indonesia dalam setiap kegiatan. Melalui Hari Raya ini kami ingin menciptakan suasana Lebaran dengan warna ke-Indonesiaan yang kental”, demikian diungkapkan oleh Duta Besar Dian Triansyah Djani ketika berbincang dengan masyarakat Indonesia.

Lebaran ala Indonesia telah menjadi obat pelepas rindu pada tanah air bagi komunitas muslim Indonesia di Jenewa. “Hari ini saya merasa bahagia sekaligus terharu, karena seolah berada di tanah air dan merayakan Lebaran bersama kerabat dan handai taulan”, ujar Bapak Boedi Wibowo salah seorang warga masyarakat Indonesia yang telah bermukim di Jenewa lebih dari 40 tahun.

Suasana kebahagian masyarakat Indonesia semakin lengkap dengan suguhan khas menu Lebaran ala Indonesia yaitu Ketupat Sayur, Opor Ayam, Sambal Goreng Ati, Telur Petis, Bakwan Malang, Sate Padang dan Lontong Gomeh. Tidak ketinggalan beragam jenis kue seperti Lumpia, Lapis Surabaya dan lain-lain.

Selain sekitar 500 masyarakat Indonesia dan seluruh jajaran staf PTRI Jenewa, turut hadir para Duta Besar negara-negara-negara sahabat di Jenewa. “Selain sebagai media silaturahmi diantara masyarakat Indonesia, kami juga ingin memperkenalkan perayaan Hari Raya Keagaamaan dengan nuansa budaya Indonesia kepada mitra asing”, kata Dubes Triansyah Djani.

Di sela-sela acara Halal Bihalal diadakan rangkaian Shalat Jum’at yang dilakukan di halaman Wisma Indonesia.  Sementara itu, Sebelum acara Halal Bihalal, komunitas Muslim di Jenewa dan sekitarnya telah mengumandangkan gema takbir di Kantor Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa, yang dilanjutkan dengan Shalat Idul Fithri. Seluruh rangkaian ibadah ritual tersebut dipandu oleh Ustadz Saiful Bahri, seorang mahasiswa program S-3 di Universitas Al-Azhar, Kairo-Mesir.

 

Jenewa, 10 September 2010