Mission Indonesia

Mendiknas Dorong Investasi Pendidikan, Khususnya Perbaikan Akses dan Kualitas Pendidikan untuk Masyarakat Miskin dan Terpencil

July 05, 2011 Posted under Economy, Development and Environment 

 

“Kunci pemajuan pendidikan adalah peningkatan investasi terhadap pendidikan untuk semua, khususnya investasi untuk memperbaiki akses dan kualitas pendidikan untuk masyarakat miskin dan terpencil”, demikian disampaikan Muhammad Nuh, Menteri Pendidikan Nasional dalam pidatonya di perdebatan umum High-level Segment, Sesi substansi sidang Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, pada tanggal 5  Juli 2011 di Jenewa – Swiss.

Sebagai warga dunia, Indonesia memegang komitmennya untuk menerapkan berbagai kesepakatan internasional di bidang pendidikan seperti Tujuan-tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) tahun 2000 dan Konperensi Dakar tahun 2000 mengenai Pendidikan untuk Semua. Hak ini dilakukan melalui kebijakan pendidikan yang menyertakan hak pendidikan untuk semua, pendidikan seumur hidup dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan formal dan informal, demikian ditambahkan Mendiknas dalam pernyataannya.

Dalam kesempatan persidangan, Mendiknas telah menjadi salah narasumber dalam sesi Special Policy Dialogue yang bertemakan “Accelerating Education for All (EfA): Mobilization resources and partnerships” dan melakukan pertemuan bilateral dengan Dirjen UNESCO, Menteri Kerjasama Lingkungan Hidup dan Pembangunan Norwegia dan Menteri Pendidikan Kenya.
Kebijakan pendidikan Indonesia telah dirujuk dalam berbagai pernyataan baik oleh Dirjen UNESCO, Menteri Norwegia dan beberapa nara sumber lainnya, sebagai salah satu best practice yang dapat dijadikan contoh dalam penerapan berbagai kesepakatan internasional di bidang pendidikan. Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa, Duta Besar Dian Triansyah Djani menegaskan bahwa hal ini menunjukkan pengakuan masyarakat internasional bagi kemajuan pendidikan di Indonesia yang telah diselaraskan dengan berbagai komitmen dan kesepakatan internasional di bidang pendidikan.

Sesi substansi sidang Dewan Ekonomi dan Sosial PBB tahun 2011 yang bertemakan “Implementing the Internationally Agreed Goals and  Commitments in regard to education” akan berlangsung di Jenewa pada tanggal 4-28 Juli 2011 dan akan terbagi dalam beberapa segmen. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Menteri Pendidikan Nasional dan beranggotakan wakil dari Kemenlu, Kemendiknas, PTRI New York dan PTRI Jenewa.

Jenewa, 5 Juli 2011