Mission Indonesia

Duta Besar/Wakil Tetap RI Terpilih Sebagai Anggota Consultative Group Dewan HAM PBB

August 02, 2011 Posted under Human Rights and Humanitarian Issues 

 

Duta Besar / Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Dian Triansyah Djani, telah terpilih sebagai anggota Consultative Group Dewan HAM PBB pada bulan Juli 2011 mewakili Kelompok Asia untuk periode 2011 – 2012. Consultative Group adalah kelompok kerja yang dibentuk dan dimandatkan untuk melakukan proses seleksi calon-calon Pelapor Khusus/ Pemagang Mandat HAM PBB serta memberikan rekomendasi para calon dimaksud kepada Presiden DHAM. Consultative Group beranggotakan lima Duta Besar/Wakil Tetap dari lima kelompok kawasan yaitu Asia, Afrika, Eropa Timur, Eropa Barat dan lainnya, serta Amerika Selatan dan Karibia.

Terpilihnya Dubes/ Wakil Tetap RI sebagai anggota Consultative Group, yang pertama kalinya bagi Indonesia, membuktikan kepercayaan masyarakat internasional terhadap peran dan kontribusi Indonesia untuk turut terlibat dalam melakukan proses seleksi para kandidat Pelapor Khusus/ Pemegang Mandat HAM PBB. Mereka yang terpilih akan memperoleh mandat dari Dewan HAM PBB untuk melakukan pemantauan situasi dan kondisi HAM yang bersifat tematis maupun country specific di seluruh dunia. Kerjasama negara-negara anggota PBB dengan para Pelapor Khusus/ Pemegang Mandat HAM PBB merupakan catatan tersendiri dalam upaya pemajuan dan perlindungan HAM di tingkat nasional.

Duta Besar/ Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Dian Triansyah Djani, menegaskan bahwa terpilihnya Indonesia dalam Consultative Group merupakan bukti konkrit pengakuan masyarakat internasional terhadap peran dan kontribusi konstruktif Indonesia dalam upaya pemajuan dan perlindungan HAM di tingkat global. “Terpilihnya Indonesia sebagai anggota Consultative Group tentunya akan turut membantu untuk memberikan kesempatan bagi para pakar HAM Indonesia untuk berkiprah di pentas internasional sebagai wujud nyata kontribusi Indonesia dalam upaya pemajuan dan perlindungan HAM baik di tingkat regional maupun internasional, khususnya melalui kerangka Dewan HAM PBB”, demikian ditegaskan Dubes Triansyah Djani.

Dewan HAM PBB memiliki 42 Pelapor Khusus/ Pemegeng Mandat HAM yang terdiri dari Pelapor Khusus, Pakar Independen dan Kelompok Kerja baik yang bersifat tematis maupun country specific. Dua pakar HAM Indonesia yang saat ini memperoleh mandat dari Dewan HAM PBB adalah Marzuki Darusman sebagai Pelapor Khusus Situasi HAM di Korea Utara dan Kamala Chandrakirana sebagai Ketua Kelompok Kerja mengenai Diskriminasi terhadap Perempuan dalam hukum dan praktek.

Dubes Triansyah Djani akan menjadi anggota CG untuk periode 2011 – 2012 mewakili Kelompok Asia bersama Dubes/ Wakil Tetap Inggris mewakili Kelompok Eropa Barat dan lainnya; Dubes/ Wakil Tetap Nigeria mewakili Kelompok Afrika; Dubes / Wakil Tetap Slovakia mewakili Kelompok Eropa Timur; dan Dubes/ Wakil Tetap Honduras mewakili Kelompok Latin Amerika dan Karibia. 

 

Jenewa, 2 Agustus 2011