Mission Indonesia

Menteri Perhubungan ASEAN Sepakati Komitmen ASEAN Connectivity

www.kompas.com

November 30, 2012

 

NUSA DUA, KOMPAS.com — Pertemuan Menteri Perhubungan ASEAN (ATM) Ke-18 berakhir Jumat (30/11/2012). Para menteri perhubungan negara anggota ASEAN sepakat mengenai pentingnya memperkuat, meningkatkan, dan mengintensifkan usaha untuk mewujudkan konektivitas ASEAN, terutama transportasi, dalam semangat membangun Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015.

Dalam jumpa wartawan seusai sidang ATM pada Jumat siang tadi, Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan menyatakan, pertemuan selama dua hari itu berlangsung dalam semangat persahabatan ASEAN. Mangindaan, yang juga Ketua Sidang ATM Ke-18, menyampaikan, para menteri perhubungan sepakat meningkatkan kerja sama, baik antarnegara anggota ASEAN maupun dengan negara-negara mitra dialog ASEAN, yakni Jepang, China, dan Korea.

Beberapa kesepakatan strategis dalam pertemuan menteri perhubungan ASEAN di Nusa Dua, Bali, antara lain, komitmen penerapan blueprint Masyarakat Ekonomi ASEAN, Masterplan for ASEAN Connectivity, dan Brunei Action Plan 2011-2015. Para menteri juga sepakat memberi perhatian terhadap Air Transport Technical Cooperation dalam kerangka ASEAN Single Aviaton Market.

Para menteri juga sepakat mendukung ASEAN Framework Agreement on Cross Border Transport of Passanger untuk memfasilitasi pergerakan orang lintas batas dan sepakat membentuk ASEAN Transport SAR Forum dalam rangka kerja sama keselamatan dan keamanan transportasi.