Mission Indonesia

ILO: Jumlah Pengangguran di Dunia Terus Meningkat

www.kompas.com

January 22, 2013

 

GENEVA, KOMPAS.com - Angka pengangguran dunia pada 2012 meningkat sebanyak empat juta orang. Sehingga jumlah pengangguran di seluruh dunia tahun lalu mencapai 197 juta orang. Demikian Organisasi Buruh Internasional (ILO), Selasa (22/1/2013).

Tahun ini, lanjut ILO, diperkirakan lima juta orang lagi akan menganggur sehingga akan menambah total jumlah penganggur dunia menjadi 202 juta orang.

Angka ini menunjukkan dalam dua tahun terakhir sembilan juta orang menjadi penganggur sebagai akibat krisis finansial yang dimulai lima tahun lalu.

"Berarti saat ini terdapat 28 juta orang menganggur di seluruh dunia," kata Direktur ILO Guy Ryder di Geneva, Swiss.

ILO menambahkan angka pengangguran nampaknya akan terus meningkat dan pada 2017 diperkirakan sebanyak 210,7 juta orang tidak memiliki pekerjaan.

Kondisi ini diperparah dengan 39 juta orang kehilangan pekerjaannya tahun lalu di saat pertumbuhan lapangan kerja global terus memburuk.

Kelompok yang paling terpukul dengan tren minimnya lapangan kerja ini adalah para pemuda. ILO mencatat saat ini terdapat 73,8 juta pemuda berusia antara 15-24 tahun yang tidak bekerja.

"Dan pertumbuhan ekonomi yang terus melambat nampaknya akan membuat sekitar setengah juta pemuda lainnya menjadi penganggur pada 2014," kata Ryder.

Tahun lalu, tingkat pengangguran pemuda global sebesar 12,6 persen, dan angka ini nampaknya akan meningkat hingga 12,9 persen pada 2017.