Mission Indonesia

Unair Anugerahi Triyono Wibowo Gelar Doktor HC

www.tempo.co/read/news/2013/09/30/078517861

September 30, 2013

 
Home>Politik>Politik

Senin, 30 September 2013 | 17:25 WIB

 

TEMPO.CO, Surabaya- Duta Besar Berkuasa Penuh Indonesia untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa, Triyono Wibowo, bakal mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Airlangga. Penganugerahan doktor kehomatan akan diberikan pada 12 Oktober 2013 pekan depan.

Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair, Bagus Ani Putra, menuturkan Triyono Wibowo dianggap berhasil memberikan sumbangsih di bidang ilmu pengetahuan dan sosial kemasyarakatan. Triyono, kata ia, konsisten mengangkat tema hukum nuklir untuk diaplikasikan di masyarakat.

Menurut Bagus, konsep hukum nuklir yang diangkat Triyono dalam kerangka energi nuklir untuk kemaslahatan manusia, bukan sebagai senjata pemusnah massal. "Beliau sedang memperjuangkan hukum nuklir ini di tingkat internasional," kata Bagus di gedung rektorat Unair, Senin 30 September 2013.

Bagus menuturkan, Dubes Triyono sudah lima kali menggelar kuliah umum bertema Hukum Nuklir di Universitas Airlangga. Sebanyak empat kali di Fakultas Hukum Unair dan sekali di gedung rektorat Unair. Menurut catatan, Dubes Triyono menyandang gelar Doktor HC ke-9 dari Unair. Terakhir yang menggondol gelar Doktor HC adalah konglomerat nasional sekaligus anggota Majelis Wali Amanah Unair, Chairul Tanjung pada 26 Agustus lalu.


Alasan Unair memberikan gelar kepada Triyono karena sosok Dubes Triyono memiliki konsistensi memperjuangkan energi nuklir dengan tujuan damai. "Jarang sekali yang mengangkat isu hukum nuklir. Unair melihat sosok Dubes Triyono pantas mendapatkannya," katanya.

Triyono Wibowo lahir 14 Juni 1952 dan sempat menjabat Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia mendampingi Menlu Marty Natalegawa pada periode 11 September 2008-19 Oktober 2011. Lulusan Fakultas Hukum Unair ini merupakan pejabat karier di lingkungan Kementerian Luar Negeri RI. Beberapa jabatan diplomat pernah dirasakan oleh Triyono. Ia pernah diangkat sebagai Duta Besar Berkuasa Penuh Indonesia untuk Austria dan Slovenia, dan anggota Badan Tenaga Atom Internasional .

DIANANTA P. SUMEDI

===================

 

Dubes Triyono Wiboyo

Photo : Duta Besar Triyono Wibowo saat menjadi Presiden Conference on Disarmament (CD) pada sesi pleno CD tahun 2013 (dok. PTRI Jenewa)